Iklan

Belum Juga Sebulan di 2021, Sudah Terjadi 154 Bencana Alam di Indonesia

1/20/2021, 11:58 WIB Last Updated 2021-01-20T04:58:44Z
masukkan script iklan disini

Banjir bandang di Desa Tugu Selatan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. /Dok. Media Apakabar/Farhan.

FOKUS HUKU
- Sekitar 154 bencana alam terjadi di Tanah Air hanya dalam waktu tiga minggu pertama tahun 2021. Peristiwa itu dicatat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


"BNPB mencatat pada 1-18 Januari sebanyak total 154 bencana alam terjadi di Indonesia. Kebabanyakan berbentuk banjir, angin ribut dan longsor," demikian Jubir Satgas Penanganan Covid-19 BNPB Wiku Adisasmito dalam pernyataan persnya secara virtual di Graha BNPB Jakarta, Selasa 19 Januari 2021.


Dari sekian banyak bencana alam itu sudah ada 140 korban meninggal dan 776 orang luka-luka.


"Curah hujan yang tinggi saat ini dan cuaca ekstrim menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti Malang dan Puncak, Bogor," sambung Wiku.


Bencana itu, lanjut Wiku, menunjukkan Indonesia secara geografis dan geologis memang rawan bencana alam.


"Untuk mengurangi dampak bencana, sudah menjadi kewajiban masyarakat khususnya yang tinggal di rawan bencana untuk meningkatkan rasa kesiapsiagaan sesuai surat edaran Kemendagri," imbaunya. 


"Pemda juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana," tutur Wiku menambahkan. 


Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah mengunjungi langsung dua lokasi bencana yaitu Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat yang terdampak Gempa dan kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan yang terkena bencana banjir.


Bencana banjir terjadi di Kepulauan Bangka Belitung; kabupaten Bener Meriah dan Aceh Timur, Aceh; Kabupaten Jember, Jombang dan Sampang, Sidoarjo, Jawa Timur; Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah; Kalimantan Barat; 10 kabupaten di Kalimantan Selatan; Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat; Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara; Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat; Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.


Berikutnya puting beliung juga melanda di Cirebon, Jawa Barat; Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau; serta sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Aceh.


Tanah longsor terjadi di Batam, Kepulauan Riau; Cianjur, Sumedang Jawa Barat; Manado, Sulawesi Utara; Kabupaten Lues, Aceh.


Masih juga ada bencana gunung meletus yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan Semeru di Jawa Timur serta gempa bumi di Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat. (BNPB). (pol)

Komentar

Tampilkan

Other Stories