Iklan

10/31/2020, 17:36 WIB Last Updated 2020-10-31T10:36:11Z
masukkan script iklan disini

Pertemuan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (Foto: Instagram @secpompeo)

Fokushukum.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat  menegaskan penolakan  terhadap klaim  sepihak China terhadap  Laut China Selatan (LCS).


Amerika Serikat juga memuji pemerintah Indonesia, yang telah menunjukkan keberanian mengenai isu tersebut di Asia, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


“Negara kami yang taat hukum menolak klaim tak berdasarkan hukum Partai Komunis China atas Laut China Selatan (LCS),” kata Pompeo dalam konferensi pers bersama Menlu RI Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (29/10/2020).


Menurut Pompeo, bahwa pihaknya mendukung Indonesia dalam isu LCS.


“Itu adalah isu yang patut diperjuangkan dalam pengaturan multilateral dan pemerintahan Trump saat mendukung ini,” ucapnya.


Ia menyebutkan perjuangan Indonesia menjaga kedaulatan maritimnya di Laut Natuna Utara.


Amerika Serikat juga menunggu kerja sama dengan Indonesia dalam memastikan keamanan di wilayah tersebut.

 

Adapun kedatangan Pompeo ke Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi.


Selain melakukan pertemuan bilateral dengan saya, Menlu Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Anshor mengenai dialog agama dan peradaban.


Selain bertemu dengan Retno, Pompeo dalam akun Twitter-nya menyatakan juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.


Sebelumnya Menlu Retno  menyatakan, Menlu Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Anshor mengenai dialog agama dan peradaban.


Retno menambahkan, Amerika Serikat  merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia ingin terus membangun kemitraan kokoh yang saling menguntungkan dan menghormati.


"Komitmen kuat peningkatan kemitraan ini tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara, bahkan di masa pandemi," ujarnya.


Sebelum ke Indonesia, Pompeo terlebih dulu ke India untuk melakukan dialog tingkat menteri 2 + 2 tahunan AS- India yang ketiga. Dialog itu dilaksanakan dengan Menteri Pertahanan AS Mark T Esper.


Setelah dari India, Pompeo berkunjung ke Kolombo, Sri Lanka, dan Male, Maladewa untuk membahas kerjasama. (inf)

Komentar

Tampilkan

Other Stories