Iklan

Target Pengusung RUU HIP adalah Hidupkan PKI, Kata Amien Rais

6/24/2020, 08:52 WIB Last Updated 2020-06-24T01:52:21Z
masukkan script iklan disini
Tokoh reformasi, Amien Rais. (Foto : Instagram @amienraisofficial)
Fokushukum.com, Jakarta - Tokoh reformasi Amien Rais meminta DPR menilai pengusung RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) bertindak kurang ajar pada Presiden pertama RI, Soekarno. Sebenarnya, tujuan akhir pengusung RUU itu adalah menghidupkan kembali PKI.

“Oknum-oknum di DPR RI yang mengusulkan RUU HIP sangat kurang ajar pada Bung Karno. Target akhirnya adalah menghidupkan kembali PKI,” kata Amien dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Amien Rais mengatakan, tujuan akhir pengusung RUU HIP itu tercermin dari Tap MPRS XXV/1996 tentang pembubaran partai komunis Indonesia (PKI) yang tidak dijadikan konsideran. Selain itu, RUU HIP juga mereduksi makna dan nilai-nilai pancasila itu sendiri.

“Pancasila mau digusur karena tidak mampu melaksanakan nilai-nilai Pancasila, buruk muka cermin dibelah,” ucap dia.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu meminta masyarakat tetap waspada meski pemerintah telah memutuskan pembahasan RUU HIP disetop.

“Karena protes dari anak-anak bangsa dari RUU HIP itu, pemerintah menunda pembahasan. Jangan lupa hanya menunda! Kita lengah, bisa dicabut kembali,” ucap dia.

Amien Rais menegaskan, Bung Karno adalah orang yang bangga dan setia pada pancasila. Bahkan dalam beberapa forum, Bung Karno menyatakan pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia itu lebih baik dari ideologi negara lain.

“Bung Karno menyatakan pancasila satu level (di atas) dari apa yang digaungkan oleh rakyat Amerika dan Uni Soviet,” ucap dia. (kon)
Komentar

Tampilkan

Other Stories