Iklan

Ini Desa Samida Garut, yang Menjadi Contoh Penanganan Covid Skala Mikro

6/12/2020, 20:18 WIB Last Updated 2020-06-12T13:18:14Z
masukkan script iklan disini
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung hari pertama tes swab di balai desa Samida. (Foto : Instagram @ridwankamil)
Fokushukum.com, Jakarta – Sekitar 1600-an warga Desa Samida Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut akan menjalani tes swab, terkait ditemukannya 8 orang dari dua keluarga warga Desa tersebut yang positif covid-19. Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung hari pertama tes swab di balai desa Samida, Rabu (11/6/2020).

“Ini salah satu bukti Jawa Barat saat ini fokus kepada Desa dan Kelurahan untuk pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro ata PSBM. Jadi kami langsung ke desa dan kelurahan untuk pencegahan penyebaran covid” katanya.

Menurut Kang Emil PSBM lebih bisa terkontrol karena jangkauannya yang lebih sempit dan lebih mudah ditangani.

“PSBM itu lebih mudah penanganannya karena skupnya kecil dan terkontrol. Seperti di Desa Samida ini sejak ditemukan kasus 8 orang positif, pak Kepala Desanya dan aparat kewilayahannya langsung proaktif memberlakukan PSBM” ujar Kang Emil.

Ridwan Kamil menyebutkan Desa Samida patut menjadi contoh penanganan covid 19 di skala mikro.

“Ini memang pantas menjadi contoh penanganan covid skala mikro, dimana aparat desa termasuk tenaga keaehatan di Puskesmas langsung bergerak menangani covid di sini” jelasnya.

Satu unit mobil ambulans siaga covid pun disiagakan di Balai Desa Samida untuk menunjang pelaksanaan tes swab warga setempat yang rencananya akan berlansung selama 3 hari. (bar)
Komentar

Tampilkan

Other Stories