Iklan

Awal Juli 2020, DKI Jakarta Melarang Penggunaan Kantong Plastik

6/11/2020, 17:06 WIB Last Updated 2020-06-11T10:06:12Z
masukkan script iklan disini
Pemprov DKI Jakarta resmi melarang penggunaan kantong plastik. (Foto : chatelaine.com)
Fokushukum.com, Jakarta – Mulai 1 Juli 2020, Pemprov DKI Jakarta resmi melarang penggunaan kantong plastik. Dengan adanya kebijakan tersebut, pelaku usaha atau tenant diminta menyediakan kantong belanja ramah lingkungan secara tidak gratis.

Aturan pelarangan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

“Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di tempat-tempat tersebut,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, Rabu (10/6/2020).

Dalam Pergub diatur bahwa pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat, harus mewajibkan seluruh pelaku usaha atau tenant di tempat yang dikelolanya untuk menggunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL).

Pengelola juga wajib memberitahukan aturan itu kepada seluruh pelaku usaha di pusat perbelanjaan atau pasar rakyat yang dikelolanya. Kemudian, pelaku usaha dilarang menyediakan kantong belanja plastik sekali pakai.

“Pelaku usaha atau tenant harus menyediakan kantong belanja ramah lingkungan secara tidak gratis,” tukasnya. (pol)
Komentar

Tampilkan

Other Stories