Iklan

Pemerintah China Tetapkan Pertumbuhan Ekonomi Enam Persen

5/26/2020, 10:06 WIB Last Updated 2020-05-26T03:06:19Z
masukkan script iklan disini
Presiden China, Xi Jinping. (Foto: Instagram @realxijinping)
Fokushukum.com, Jakarta – Presiden China, Xi Jinping mengungkapkan bahwa target pertumbuhan ekonomi tahunan China dapat ditetapkan berada pada angka 6 persen jika tidak adanya kembali penyebaran dan penularan virus Corona (COVID-19) di negaranya tersebut.
“Jika epidemi tidak terjadi, dalam keadaan umum, target pertumbuhan PDB akan ditetapkan sekitar 6%,” kata presiden China Xi Jinping dalam diskusi kelompok parlemen, seperti dalam lansiran Reuters, (24/5/2020).
Dalam lansiran Reuters, Pemerintah China dalam penyampaian laporan kerja tahunan yang diserahkan ke parlemen pada Jumat silam, telah menghilangka sementara target pertumbuhan domestik bruto (PDB) pada tahun 2020. Hal itu disebabkan dengan melihat akan adanya ketidakpastian pandemi Coronavirus.
Keputusan untuk menghilangkan sementara target PDB itu kata Ia, agar pemerintahannya tidak hanya terfokus untuk mengejar target PDB. Namun adanya target peningkatan ekonomi China ungkap Xi Jinping, yakni pada penguatan stimulus yang tidak sesuai antara tujuan pembangunan ekonomi dan sosial di negaranya tersebut.
“Jika kita secara kaku menetapkan satu (target PDB), maka fokusnya adalah pada stimulus yang kuat dan untuk mencapai tingkat pertumbuhan, yang tidak sejalan dengan tujuan pembangunan ekonomi dan sosial kita,” ungkapnya lagi.
Dalam lansiran pemberitaan tersebut, China juga dikabarkan enggan membanjiri ekonominya dengan kredit mudah dalam beberapa tahun terakhir, yang dikarenakan adanya perlambatan perekonomian yang terus terjadi, bahkan sebelum wabah Coronavirus, waspada terhadap risiko utang yang disebabkan oleh stimulus besar-besaran.
Tidak hanya itu, dalam laporannya, pemerintah mengumumkan serangkaian tindakan fiskal untuk meningkatkan ekonomi tersebut, setara dengan sekitar 4,1% dari PDB Tiongkok. (rri)
Komentar

Tampilkan

Other Stories